PERAKITAN KOMPUTER i PERAKITAN KOMPUTER ii HALAMAN SAMPUL Penulis : SISWATI Editor Materi : Peny Iswindarti Editor Bahasa : Ilustrasi Sampul : Desain & Ilustrasi Buku : PPPPTK BOE MALANG Hak Cipta © 2013, Kementerian Pendidikan & Kebudayaan MILIK NEGARA TIDAK DIPERDAGANGKAN Semua hak cipta dilindungi undang-undang. Dilarang memperbanyak (mereproduksi), mendistribusikan, atau memindahkan sebagian atau seluruh isi buku teks dalam bentuk apapun atau dengan cara apapun, termasuk fotokopi, rekaman, atau melalui metode (media) elektronik atau mekanis lainnya, tanpa izin tertulis dari penerbit, kecuali dalam kasus lain, seperti diwujudkan dalam kutipan singkat atau tinjauan penulisan ilmiah dan penggunaan non-komersial tertentu lainnya diizinkan oleh perundangan hak cipta. Penggunaan untuk komersial harus mendapat izin tertulis dari Penerbit. Hak publikasi dan penerbitan dari seluruh isi buku teks dipegang oleh Kementerian Pendidikan & Kebudayaan. Untuk permohonan izin dapat ditujukan kepada Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, melalui alamat berikut ini: Pusat Pengembangan & Pemberdayaan Pendidik & Tenaga Kependidikan Bidang Otomotif & Elektronika: Jl. Teluk Mandar, Arjosari Tromol Pos 5, Malang 65102, Telp. (0341) 491239, (0341) 495849, Fax. (0341) 491342, Surel: vedcmalang@vedcmalang.or.id, Laman: www.vedcmalang.com PERAKITAN KOMPUTER iii DISKLAIMER (DISCLAIMER) Penerbit tidak menjamin kebenaran dan keakuratan isi/informasi yang tertulis di dalam buku tek ini. Kebenaran dan keakuratan isi/informasi merupakan tanggung jawab dan wewenang dari penulis. Penerbit tidak bertanggung jawab dan tidak melayani terhadap semua komentar apapun yang ada didalam buku teks ini. Setiap komentar yang tercantum untuk tujuan perbaikan isi adalah tanggung jawab dari masing-masing penulis. Setiap kutipan yang ada di dalam buku teks akan dicantumkan sumbernya dan penerbit tidak bertanggung jawab terhadap isi dari kutipan tersebut. Kebenaran keakuratan isi kutipan tetap menjadi tanggung jawab dan hak diberikan pada penulis dan pemilik asli. Penulis bertanggung jawab penuh terhadap setiap perawatan (perbaikan) dalam menyusun informasi dan bahan dalam buku teks ini. Penerbit tidak bertanggung jawab atas kerugian, kerusakan atau ketidaknyamanan yang disebabkan sebagai akibat dari ketidakjelasan, ketidaktepatan atau kesalahan didalam menyusun makna kalimat didalam buku teks ini. Kewenangan Penerbit hanya sebatas memindahkan atau menerbitkan mempublikasi, mencetak, memegang dan memproses data sesuai dengan undang-undang yang berkaitan dengan perlindungan data. Katalog Dalam Terbitan (KDT) Teknik Komputer Jaringan, Edisi Pertama 2013 Kementerian Pendidikan & Kebudayaan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik & Tenaga Kependidikan, th. 2013: Jakarta PERAKITAN KOMPUTER iv KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan yang Maha Esa atas tersusunnya buku teks ini, dengan harapan dapat digunakan sebagai buku teks untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bidang Studi Keahlian dan Rekayasa Teknik Elektronika. Penerapan kurikulum 2013 mengacu pada paradigma belajar kurikulum abad 21 menyebabkan terjadinya perubahan, yakni dari pengajaran (teaching) menjadi BELAJAR (learning), dari pembelajaran yang berpusat kepada guru (teachers-centered) menjadi pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik (student-centered), dari pembelajaran pasif (pasive learning) ke cara belajar peserta didik aktif (active learning-CBSA) atau Student Active Learning-SAL. Buku teks ″Perakitan Komputer″ ini disusun berdasarkan tuntutan paradigma pengajaran dan pembelajaran kurikulum 2013 diselaraskan berdasarkan pendekatan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar kurikulum abad 21, yaitu pendekatan model pembelajaran berbasis peningkatan keterampilan proses sains. Penyajian buku teks untuk Mata Pelajaran ″Perakitan Komputer ″ ini disusun dengan tujuan agar supaya peserta didik dapat melakukan proses pencarian pengetahuan berkenaan dengan materi pelajaran melalui berbagai aktivitas proses sains sebagaimana dilakukan oleh para ilmuwan dalam melakukan eksperimen ilmiah (penerapan scientifik), dengan demikian peserta didik diarahkan untuk menemukan sendiri berbagai fakta, membangun konsep, dan nilai-nilai baru secara mandiri. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, dan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan menyampaikan terima kasih, sekaligus saran kritik demi kesempurnaan buku teks ini dan penghargaan kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam membantu terselesaikannya buku teks siswa untuk Mata Pelajaran Perakitan Komputer X/Semester 1 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jakarta, 12 Desember 2013 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. Mohammad Nuh, DEA PERAKITAN KOMPUTER v DAFTAR ISI ............................................................................................................................................. i HALAMAN SAMPUL ............................................................................................................. ii KATA PENGANTAR...............................................................................................................iv DAFTAR ISI ........................................................................................................................... v GLOSARIUM ....................................................................................................................... vii PETA KEDUDUKAN BAHAN AJAR ....................................................................................... viii ............................................................................................................................................ 1 A. Diskripsi. .................................................................................................................. 1 B. Prasyarat. ................................................................................................................ 2 C. Petunjuk Penggunaan. ............................................................................................ 3 D. Tujuan Akhir. ........................................................................................................... 3 E. Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar ................................................................. 4 F. Cek Kemampuan Awal ............................................................................................ 6 ............................................................................................................................................ 7 A. Diskripsi ................................................................................................................... 7 B. Kegiatan Belajar ...................................................................................................... 7 1. Kegiatan Belajar 1 : Perkembangan Teknologi Komputer .................................. 7 2. Kegiatan Belajar 2: Komponen perangkat input ............................................... 16 3. Kegiatan Belajar 3: Komponen perangkat output ............................................ 26 4. Kegiatan Belajar 4: Perangkat Process. ............................................................. 34 5. Kegiatan Belajar 5: Media Penyimpan .............................................................. 46 6. Kegiatan Belajar 6: Tata letak komponen komputer. ....................................... 66 7. Kegiatan Belajar 7: Tata letak komponen komputer ........................................ 81 8. Kegiatan Belajar 8: Casing komputer. ............................................................... 92 9. Kegiatan Belajar 9: Peralatan perakitan komputer. ........................................ 105 10. Kegiatan Belajar 10: Bahan perakitan komputer . ...................................... 112 11. Kegiatan Belajar 11: Tempat dan keselamatan kerja . ................................ 116 BAB I PENDAHULUANBAB II PEMBELAJARANPERAKITAN KOMPUTER vi 12. Kegiatan Belajar 12: Prosedur Inventarisasi. .............................................. 124 13. Kegiatan Belajar 13: : Prosedur Bongkar Pasang Komputer CPU.. ............. 132 14. Kegiatan Belajar 14: : Pemasangan motherboard pada casing .................. 145 15. Kegiatan Belajar 15: : Pemasangan kartu video, kartu suara dan kartu jaringan ................................................................................................................... 164 16. Kegiatan Belajar 16: : Pemasangan konektor ke perangkat input dan output 169 17. Kegiatan Belajar 17: Booting Komputer. ..................................................... 175 18. Kegiatan Belajar 18: Konfigurasi BIOS dan CMOS. ...................................... 185 19. Kegiatan Belajar 19 : Pengujian Hasil Perakitan Komputer ........................ 204 20. Kegiatan Belajar 20 : Pengujian Hasil Perakitan Komputer ........................ 217 DAFTAR PUSTAKA.................................................................................................... 224 PERAKITAN KOMPUTER vii GLOSARIUM Input devices adalah perangkat yang digunakan untuk memasukkan data - data dan memberikan perintah pada komputer. Output devicemerupakan perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengkomunikasikan hasil pengolahan data yang dilakukan oleh komputer untuk pengguna. CPU (Central Processing Unit) atau prosesor merupakan pemroses data dalam sebuah perangkat komputer. Random access memory (RAM)merupakan tempat didalam komputer dimana OS, program aplikasi dan data yang sedang digunakan disimpan sehingga dapat dicapai dengan cepat oleh prosesor. Motherboard merupakan pengendali atau pengontrol semua hal yang terhubung untuk berkomunikasi dengan peranti yang lainnya dalam sistem. Jumper merupakan connector (penghubung) sirkuit elektrik yang digunakan untuk menghubungkan atau memutus hubungan pada suatu sirkuit. Power supply merupakan alat yang menyediakan tenaga listrik bagi semua komponen di dalam unit sistem. PERAKITAN KOMPUTER viii PETA KEDUDUKAN BAHAN AJAR Peta kedudukan bahan ajar merupakan suatu diagram yang menjelaskan struktur mata pelajaran dan keterkaitan antar mata pelajaran dalam satu kelompok bidang studi keakhlian. Gambar 1 menjelaskan peta kedudukan bahan ajar untuk program studi keahlian Rekayasa perangkat lunak. Kelompok C1 merupakan kelompok mata pelajaran wajib dasar bidang studi keahlian. C2 merupakan kelompok mata pelajaran wajib dasar program keahlian dan C3merupakan kelompok mata pelajaran wajib paket keahlian. Gambar 1. Peta Kedudukan Bahan Ajar Kelompok C2 Mata Pelajaran Perakitan Komputer Sementara itu peta konsep mata pelajaran menjelaskan struktur urutan kegiatan belajar dan topik materi pelajaran. Gambar 2 dibawah ini menjelaskan peta konsep mata pelajaran perakitan komputer untuk kelas X semester 1. PERAKITAN KOMPUTER 1 Gambar 2. Peta Konsep Mata Pelajaran Perakitan Komputer Kelas X Semester 1 Next >