ROLEPLAYUNTUK SMKUNTUK SEKOLAH MENENGAH KEJURUANSEMESTER 1Heru Subagiyo, S.SnHeru Subagiyo, S.SnROLEPLAY i Roleplay ROLEPLAY Heru Subagiyo, S.Sn Untuk Sekolah Menengah Kejuruan Kelas X Semester 2 KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DIREKTORAT PEMBINAAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN 2013 ii Roleplay iii Roleplay Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah melimpahkan kekuatan, rahmat, dan hidayah-Nya sehingga Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dapat menyelesaikan penulisan modul dengan baik. Modul ini merupakan bahan acuan dalam kegiatan belajar mengajar peserta didik pada Sekolah Menengah Kejuruan bidang Seni dan Budaya (SMK-SB). Modul ini akan digunakan peserta didik SMK-SB sebagai pegangan dalam proses belajar mengajar sesuai kompetensi. Modul disusun berdasarkan kurikulum 2013 dengan tujuan agar peserta didik dapat memiliki pengetahuan, sikap, dan keterampilan di bidang Seni dan Budaya melalui pembelajaran secara mandiri. Proses pembelajaran modul ini menggunakan ilmu pengetahuan sebagai penggerak pembelajaran, dan menuntun peserta didik untuk mencari tahu bukan diberitahu. Pada proses pembelajaran menekankan kemampuan berbahasa sebagai alat komunikasi, pembawa pengetahuan, berpikir logis, sistematis, kreatif, mengukur tingkat berpikir peserta didik, dan memungkinkan peserta didik untuk belajar yang relevan sesuai kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD) pada program studi keahlian terkait. Di samping itu, melalui pembelajaran pada modul ini, kemampuan peserta didik SMK-SB dapat diukur melalui penyelesaian tugas, latihan, dan evaluasi. Modul ini diharapkan dapat dijadikan pegangan bagi peserta didik SMK-SB dalam meningkatkan kompetensi keahlian. Jakarta, Desember 2013 Direktur Pembinaan SMK KATA PENGANTAR iv Roleplay v Roleplay HALAMAN JUDUL .................................................................................... i KATA PENGANTAR ................................................................................. iii DAFTAR ISI .............................................................................................. v DAFTAR GAMBAR ................................................................................... ix GLOSARIUM ............................................................................................ xi DESKRIPSI MODUL ................................................................................. xv CARA PENGGUNAAN MODUL ................................................................ xvii POSISI MODUL ........................................................................................ xix UNIT PEMBELAJARAN 1. ROLEPLAY .................................................... 1 A. Ruang LIngkup Pembelajaran .................................................... 1 B. Tujuan Pembelajaran .................................................................. 1 C. Kegiatan Belajar ......................................................................... 2 D. Materi ......................................................................................... 3 1. Pengertian Roleplay ............................................................. 3 2. Sejarah Roleplay .................................................................. 6 3. Metode Roleplay ................................................................... 9 a. Menentukan masalah yang hendak dimainkan ................. 11 b. Memilih Pemeran ............................................................. 11 c. Menyusun scenario .......................................................... 12 d. Menyiapkan penonton sebagai pengamat ........................ 12 e. Memainkan roleplay ......................................................... 12 f. Melakukan diskusi dan evaluasi ....................................... 13 g. Memainkan ulang ............................................................. 13 h. Berbagai pengalaman dan menarik kesimpulan ............... 13 4. Fungsi Roleplay .................................................................... 14 a. Mengatasi kesulitan diri .................................................... 14 b. Meningkatkan kemampuan simpati dan empati ................ 15 c. Mengembangkan pola piker adaptif .................................. 16 d. Media pengolah emosi ..................................................... 16 e. Meningkatkann interpersonal skill ..................................... 17 f. Media pemecah masalah ................................................. 18 g. Membentuk individu bertanggungajawab ......................... 18 5. Bentuk Roleplay ................................................................... 19 a. Status ............................................................................... 19 DAFTAR ISI vi Roleplay b. Peran ............................................................................... 20 c. Konteks ............................................................................ 21 6. Menulis Cerita ....................................................................... 25 7. Latihan Dasar Roleplay ........................................................ 26 a. Berdasarkan status .......................................................... 26 b. Berdasarkan peran ........................................................... 29 c. Bendasarakan konteks ..................................................... 30 E. Rangkuman ................................................................................ 32 F. Latihan/Evaluasi .......................................................................... 36 G. Refleksi ...................................................................................... 36 UNIT PEMBELAJARAN 2. ROLEPLAY BERBASIS TEKS ........................ 37 A. Ruang Lingkup Pembelajaran .................................................... 37 B. Tujuan Pembelajaran .................................................................. 37 C. Kegiatan Belajar ......................................................................... 38 D. Materi ......................................................................................... 38 1. Teknik Roleplay .................................................................... 38 a. Dibalik .............................................................................. 39 b. Dikecilkan ......................................................................... 39 c. Dibesarkan ....................................................................... 40 d. Diubah cerita .................................................................... 41 e. Disusun ulang .................................................................. 41 2. Menyusun Teks Lakon .......................................................... 42 a. Materi Lakon .................................................................... 43 b. Alat yang digunakan dalam menyusun lakon .................... 44 c. Proses .............................................................................. 44 d. Struktur lakon ................................................................... 45 3. Analisis teks lakon ................................................................ 47 a. Lakon ............................................................................... 47 4. Analisis Karakter ................................................................... 52 a. Pengertian ........................................................................ 52 b. Dimensi historis ................................................................ 53 c. Dimensi sosiologis ............................................................ 54 d. Dimensi psikologis ............................................................ 54 e. Dimensi fisiologis .............................................................. 54 f. Dimensi moral .................................................................. 55 5. Roleplay Berbasis Teks ........................................................ 55 a. Penyiapan teks lakon ....................................................... 55 b. Pemahaman kerangka cerita ............................................ 58 c. Memainkan teks lakon ...................................................... 58 d. Evaluasi permainan .......................................................... 67 vii Roleplay E. Rangkuman ................................................................................ 67 F. Latihan/Evaluasi ......................................................................... 70 G. Refleksi ...................................................................................... 70 UNIT PEMBELAJARAN 3. ROLEPLAY IMPROVISATORIS ..................... 71 A. Ruang Lingkup Pembelajaran .................................................... 71 B. Tujuan ........................................................................................ 71 C. Kegiatan Belajar ......................................................................... 72 D. Materi ......................................................................................... 72 1. Improvisasi ............................................................................ 72 a. Konsep improvisasi ............................................................ 72 b. Dasar improvisasi ............................................................... 74 c. Jenis improvisasi ................................................................ 75 2. Ragam Improvisasi ................................................................. 76 a. Improvisasi tunggal ............................................................ 76 b. Improvisasi dengan benda ................................................. 77 c. Improvisasi dengan suasana .............................................. 77 d. Improvisasi dengan bunyi ................................................... 78 e. Improvisasi dengan cerita .................................................. 79 f. Improvisasi berpasangan ................................................... 81 g. Improvisasi berkelompok .................................................... 82 3. Fungsi Improvisasi .................................................................. 82 a. Meningkatkan daya imajinasi ............................................. 82 b. Melatih dialog ..................................................................... 83 c. Mewujudkan suasana ......................................................... 83 d. Meningkatkan keyakinan diri .............................................. 84 4. Teknik Improvisasi .................................................................. 84 a. Berbasis kata ..................................................................... 84 b. Berbasis tubuh ................................................................... 86 5. Latihan Improvisasi ................................................................. 88 a. Improvisasi tunggal ............................................................ 88 b. Improvisasi dengan benda ................................................. 88 c. Improvisasi dengan suasana .............................................. 89 d. Improvisasi dengan bunyi ................................................... 89 e. Improvisasi dengan cerita .................................................. 89 f. Improvisasi berpasangan ................................................... 90 g. Improvosasi berkelompok .................................................. 90 6. Roleplay Improvisasi .............................................................. 90 a. Praktik roleplay improvisasi tunggal ................................... 91 b. Praktik roleplay improvisasi dengan benda ........................ 91 c. Praktik roleplay improvisasi dengan bunyi .......................... 92 viii Roleplay d. Praktik roleplay improvisasi dengan suasana ..................... 92 e. Praktik roleplay improvisasi dengan cerita .......................... 93 f. Praktik roleplay improvisasi berpasangan .......................... 94 g. Praktik roleplay improvisasi berkelompok ........................... 94 E. Rangkuman ................................................................................ 95 F. Latihan/Evaluasi .......................................................................... 97 G. Refleksi ...................................................................................... 97 DAFTAR PUSTAKA .................................................................................. 99 Next >